-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Puluhan Ribu Anak Tanah Datar Penghapal Al-quran

Tuesday, 12 October 2021 | 20:26 WIB Last Updated 2021-10-12T13:26:11Z

Bupati Eka Putra bersama hafidz-hafidzah. (ist)


TANAH DATAR-Saat ini sudah terdata di E Tahfidz Tanah Datar 10 ribu lebih anak, generasi muda ataupun tingkatan usia lainnya hafidz dan hafidzah.


Sebagaimana pelaksanaan wisuda dan waqaf 1000 hafizh telah dilaksanakan sebanyak lima kali.


“Pembinaan hafidz Al- Qur’an terus meningkat tiap tahunnya, saat ini sudah ada 242 Rumah Tahfidz (RT) yang telah melahirkan hafidz dan hafidzah. Dengan meningkatnya jumlah RT tentunya sebanding dengan peningkatan jumlah penghafal Al Qur’an,” kata Bupati Eka Putra kemarin.


Dikatakan, program Wakaf 1001 Hafidz ini merupakan pelaksanaan visi-misi Pemkab dengan program 1 rumah 1 hafidz atau hafidzah. Gerakan mewujudkan kabupaten Madani Berlandaskan ABS SBK, didorong dengan Progul meningkatkan kesejahteraan guru TPA dan tahfidz.


"Dengan tekad, kerja keras dan kerjasama semua, cita-cita dan keinginan menjadikan Tanah Datar sebagai Kabupaten Tahfidz pasti bisa dicapai. Insyaallah, 20- 30 tahun mendatang Tanah Datar dipenuhi orang hafal Al- Qur’an sehingga daerah imj semakin aman dan tentram dijauhkan dari musibah,” tukas Eka.


Saat itu Bupati didampingi Pembina Tahfidz H. Afrizon menyerahkan reward bahwa hafizd dan hafizah di gedung Indojolito.


Juga diserahkan penghargaan pada rumah tahfizh yang terbanyak mengutus santrinya mengikuti wakaf 1001 hafizh tahun 2021, yakni Sohibul Qur’an dari Kecamatan X Koto mengirimkan 39 orang.


Kemudian RT Daarul Qur’an dari Batipuh sebanyak 34 orang serta RT Alam Al Waduud Rambatan sebanyak 31 orang.


Sedangkan, kecamatan terbanyak lulus di kategori 3 Juz Keatas adalah Lima Kaum 34 orang, X Koto 30 orang dan Rambatan 28 orang. YD

×
Berita Terbaru Update