-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Santri TPQ Surau Baanjuang Unjuk Kebolehan pada Peringatan Isra Mikraj

Monday, 15 March 2021 | 17:27 WIB Last Updated 2021-03-15T10:27:40Z

Santri tampil pada peringatan Isra Mikraj di Surau Baanjuang. Ist


PADANG-Dalam rangka memperingati Isra Mikraj, TPQ Surau Baanjuang, Dusun Talago, Desa Talawi Hilie, mengadakan serangkaian kegiatan yang melibatkan santri yang masih berusia anak di TPQ tersebut. 


Keterlibatan anak dalam peringatan ini merupakan salah satu bentuk wujud partisipasi anak-anak dalam kegiatan keagamaan sekaligus menjadi ajang unjuk kebolehan. Melaksanakan kegiatan yang melibatkan anak-anak merupakan salah satu contoh kegiatan desa layak anak dalam memperingati Isra Mikraj. 


Kegiatan diawali dengan ceramah tentang Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW dan dilanjutkan oleh beberapa penampilan santri seperti membaca Alquran, tahfidz Alquran dan hadits, nasyid, pidato, dan diakhiri dengan makan bersama.


Tak hanya santri TPQ Surau Baanjuang, peringatan ini juga dihadiri oleh Niniak Mamak, orang tua santri, Kepala Dusun Talago, serta Kepala Desa Talawi Hilie. Kegiatan ini merupakan inisiatif dari TPQ Surau Baanjuang dan tak lepas dari dukungan Pemdes Talawi Hilie. 


Bukan hanya sekedar peringatan biasa, kegiatan ini sangatlah penting karena santri tampil di depan majelis guru dan orang tua dengan harapan dari guru tentu ingin melihatkan kepada orang tua santri hasil didikan dari surau. 


Melihat anak-anaknya tampil berani di depan umum tentunya akan menjadi kebanggan tersendiri baik bagi orang tua maupun guru yang telah mendidik santri TPQ Surau Baanjuang.


"Harapannya, semoga anak-anak kita nanti menjadi generasi emas bagi agama, bangsa dan negara yang letaknya dari kepedulian kita bersama.  


Terkadang guru di surau sudah susah payah mengajar, mendidik santri, baik shalat, hafalan, dan mengajinya. Namun, tanpa didukung perhatian orang tua di rumah, tentu kerja keras dari majelis guru akan sia-sia. Apalagi santri kita sudah khatam, lanjut ke SLTP. Andai tidak ada kepedulian orang tua, maka sia-sia saja didikan guru di surau", ujar Ferdian Irwan, Kepala Desa Talawi Hilie, dalam pers rilisnya yang diterima Senin (15/3)


Selain itu, selaku Ketua Forum Anak Kota Arang (FAKA) Sawahlunto, Muhammad Ilham Akhzani mengapresiasi peringatan Isra Mikraj yang melibatkan santri TPQ. 


"Luar biasa kegiatan yang melibatkan santri TPQ, semoga bisa sebagai percontohan bagi forum anak desa atau kelurahan yang lain. Keaktifan forum anak di desa/kelurahan sangat membantu kita dalam mendukung kota Sawahlunto sebagai Kota Layak Anak kategori Utama.


Harapan kedepannya, ini dapat menjadi contoh bagi forum anak desa/kelurahan yang lain agar terus semangat menggaungkan aspirasi anak dalam pemenuhan hak anak di Kota Sawahlunto.


"Dengan peringatan Israq Mikraj, hendaknya dapat ditingkatkan keimanan dalam mewujudkan santri yang berakhlak mulia serta mendorongnya tingkat partisipasi anak dalam mewujudkan desa layak anak di Desa Talawi Hilie," ucapnya. YL

×
Berita Terbaru Update