-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Harga Menggiurkan, Warga Agam Tanam Manggis dan Durian

Sunday, 17 January 2021 | 18:37 WIB Last Updated 2021-01-17T12:34:46Z

Pohon durian yang sedang berbuah di kawasan Siguhung Agam. Ist


LUBUK BASUNG-Harga manggis dan durian kini makin menggiurkan. Kondisi ini yang membuat masyarakat  Siguhung Kecamatan  Lubuk Basung Agam gencar mengembangkan perkebunan. Hampir semua pemilik lahan di sana kini menanami pohon manggis dan durian. 

"Manggis ini komoditas yang menjanjikan, harga jual di kebun saja sekarang bisa mencapai Rp60 ribu perkilogram" kata Helton  seorang pemilik kebun di Dama Sikuciang Siguhung Minggu   (17/1).

 

Helton yang juga seorang pejabat di Pemda Agam mengatakan tujuan  dia menanam manggis ini diantaranya mengajak masyarakat setempat untuk menamai lahan mereka masing masing. 


"Di areal kami ini sudah ditanam bibit manggis super eksport, sekarang sudah mencapai tinggi dua meter,  mudah mudahan dalam enam tahun kita panen " kata Helton. 


Sebagaimana  diketahui,  komoditas  manggis saat ini telah menjadi komoditas eksport. Manggis dibawa ke India,  untuk kebutuhan tekstil, bahan kosmetik , bahan obat obatan herbal dan pewarna.


Helton,  petani manggis kawakan. (Foto M.khudri)


"Itulah sebabnya manggis ini mahal harganya,  kita ajak masyarakat Siguhung ini ramai ramai tanam manggis" kata Helton  


Sejauh ini kata Helton,  selain di Batu Kambing Kecamatan IV Nagari dan Palembayan,  Siguhung sebenarnya sudah menjadi sentra penghasil manggis. 


"Kami ingin Siguhung meningkatkan produktifitas manggis dan peluang itu terbuka,  sebab lahan dan udara  disini sangat memungkinkan " tambah Helton. 


Sekarang sudah puluhan orang pemilik lahan di Siguhung menanam manggis. "Kalau jumlah pemilik lahan sekeliling ini puluhan atau bahkan lebih seratus orang, sudah banyak yang tanam manggis " katanya. 


Selain manggis di Areal Dama Sikuciang  Siguhung  ini sudah ada durian  dan tanaman muda lainnya. " Selain durian, di sana petani mengembangkan tanaman jagung " ujarnya. MK



×
Berita Terbaru Update