Bersama Melawan Stunting: Rembug Stunting Lintas Sektor 2024 Digelar di Paragon

Diskusi dua narasumber. Ist 

JAKARTA- Rembug Stunting Lintas Sektor kembali diadakan di Paragon Head Office, Jakarta pada Kamis, 27 Juni 2024. Acara ini merupakan wadah pertukaran pengetahuan dan kolaborasi antar pemangku kepentingan seperti kementerian/lembaga, perusahaan, dan NGO dalam upaya mengatasi stunting di Indonesia.

Sukses digelar perdana pada Juli 2023, Rembug Stunting Lintas Sektor tahun ini kembali hadir untuk melanjutkan kolaborasi dan inisiatif baik yang telah dimulai tahun lalu. Digagas oleh Saving Next Generation Institute (SNGI), WeCare.id, Indonesia Power, dan ParagonCorp sebagai tuan rumah, acara ini diharapkan dapat melahirkan lebih banyak kerjasama dalam penanganan stunting di Indonesia.

Topik utama yang dibahas dalam Rembug Stunting Lintas Sektor kali ini adalah "Studi Pencegahan Stunting dan Strategi Nasional untuk Mengatasi Stunting di Indonesia". Selain itu, para peserta juga berkesempatan untuk saling berbagi program stunting yang dimiliki masing-masing, serta membahas tantangan, kendala, dan keberhasilan intervensi dalam mengatasi stunting.

Menurut Nurul Huda dari Direktorat Gizi dan KIA Kementerian Kesehatan RI, kondisi stunting di Indonesia masih tergolong tinggi dan membutuhkan penanganan serius. "Penurunan stunting di Indonesia masih rendah, hanya 0,1% dari target 14%. Anak-anak dengan status gizi dan berat badan kurang menjadi PR terbesar karena mereka 3x lebih berisiko mengalami stunting."

Ia menekankan bahwa pemantauan perkembangan remaja putri dan ibu hamil menjadi kunci penting dalam mengatasi stunting. Beberapa strategi yang dapat dilakukan antara lain memperhatikan kondisi gizi remaja putri dan ibu hamil, serta memberikan edukasi tentang stunting sejak dini.

"Pemberian tablet tambah darah, screening anemia, pemeriksaan kehamilan, dan kelas-kelas ibu hamil di desa merupakan beberapa strategi yang dilakukan Kemenkes sebagai tindakan preventif untuk mencegah stunting.", ujar Nurul Huda.

SNGI, sebagai organisasi yang aktif dalam pemberdayaan desa, turut aktif dalam menyusun program untuk menekan laju stunting. "Sejalan dengan Kementerian Kesehatan yang fokus menangani stunting di Indonesia, SNGI hadir untuk meningkatkan edukasi kesehatan ibu dan anak. Kami berkomitmen memperkuat desa-desa dengan sumber daya dan dukungan untuk optimalisasi Dana Desa guna mencegah stunting." Ujar Goris Mustaqim, pendiri SNGI.

Ari Kleryyanti dari tim CSR ParagonCorp menyampaikan harapannya bahwa Rembug Stunting ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. "Semoga dengan adanya Rembug Stunting ini akan semakin banyak kolaborasi lintas sektor sehingga bisa mempercepat penurunan angka stunting di Indonesia. Sebagai tuan rumah, ParagonCorp berkomitmen untuk terus memberikan kebermanfaatan yang luas khususnya dalam menanggulangi stunting di Indonesia" ujar Ari Kleryyanti.

Rembug Stunting Lintas Sektor dihadiri oleh berbagai lembaga pemerintah di Indonesia, perusahaan, dan NGO, antara lain Kemenkes RI, Kemenko PMK RI, Dompet Dhuafa, Tanoto Foundation, PLN Indonesia Power, Pertamina Foundation, PT Astra International Tbk., Indofood, JPAL, Mandiri, Edufarmer, dan CISDI.

Tentang Saving Next Generation Institute (SNGI)

Saving Next Generation Institute (SNGI) adalah platform gerakan edukasi kesehatan ibu dan anak sejak dalam kandungan hingga berusia 18 tahun. SNGI fokus pada pengumpulan data kehamilan dan tumbuh kembang anak, pendalaman kajian, dan pembentukan model intervensi berbasis data. SNGI juga aktif menjadi wadah kolaborasi dan kampanye Gerakan Peduli Ibu dan Anak berbasis masyarakat.

Tentang WeCare.id

WeCare.id adalah platform crowdfunding yang dikhususkan untuk membantu pasien dan masyarakat yang memiliki keterbatasan finansial dan tinggal di wilayah yang sulit dijangkau. WeCare.id menghubungkan donatur dengan para pasien dan masyarakat yang membutuhkan sehingga mereka dapat memperoleh pengobatan dan fasilitas pendukung lainnya yang menyeluruh.

Tentang ParagonCorp

ParagonCorp adalah perusahaan asal Indonesia yang berdiri sejak tahun 1985. Awalnya, ParagonCorp dikenal sebagai perusahaan kosmetik nasional terbesar di Indonesia dengan brand-brand seperti Wardah, Make Over, Emina, Kahf, Putri, Laboré, Biodef, Instaperfect, Crystallure, Tavi, Wonderly, dan Earth Love Life. Saat ini, ParagonCorp terus berkembang di bidang distribusi dan perdagangan langsung dengan brand Beyondly. ParagonCorp berkomitmen untuk menjadi perusahaan yang bertumbuh, bermanfaat, dan berkelanjutan.






0 Comments