Terduga Penipuan Sapi Kurban Teman Satu Sekolah dengan Erman Safar, Begini Pengakuannya




BUKITTINGGI-Pria terduga penipuan sapi kurban puluhan jemaah masjid dan mushala, ternyata teman satu sekolah dengan Wali Kota Bukittinggi Erman Safar.

Orang nomorsatu di Kota Jam Gadang itu menceritakan pengalamannya dan hubungannya secara pribadi dengan terduga penipu yang membuat ratusan orang orang batal menerima daging kurban.

"Aldi, satu sekolah denganku di SMA Negeri 5 saat kelas 1. Saya kenal sudah dari dulu," ungkap Wako di laman media sosial Facebooknya @Erman Safar, dikutip SuaraSumbar.id, Senin (11/7/2022).

Menurut politisi Partai Gerindra itu, dia sempat dikabari oleh Sekda Bukittinggi jelang Idul Adha 1443 Hijriah ini. "Pak Wali, Pemko mau beli sapi. Apakah kita beli ke teman bapak yang bernama Aldi, karena Aldi bisnis sapi?," tulisnya lagi.

Lantas, Erman menjawab bahwa memang temannya bernama Aldi itu berbisnis sapi sejak beberapa tahun terakhir.

"Dulu 2019, saya pernah suruh Aldi mengurus qurban saya kurang lebih beberpa ekor sapi sumental, pengalaman itu membuat saya tidak mau lagi menyeragkan urusan qurban pada Aldi. Lalu saya sampaikan ke Sekda "beli ke orang lain”," katanya.

"Lalu tadi subuh saya dikabari sahabat saya kalau sapi bbrpa panitia belum sampai. Semoga Allah mudahkan urusan kita semudah mudahnya dan melapangkan rezeki kita selapang lapangnya," tulisnya lagi.

Hingga kini, unggahan Erman Safar tersebut telah disukai oleh ratusan netizen dengan puluhan komentar juga telah dibagikan sebanyak puluhan kali.

Postingan Wali Kota Bukittinggi Erman Safar tentang sosok terduga penipu sapi.

"Kabarnya hilang kontak sejak Jumat," komentar akun @Hamnzah***.

"Mantap. Harus diklarifikasi tu Ji. Kalau basobok (bertemu) tekek kapalonyo," kata @bang Aw

"Tidak selamanya teman bisa seiring jalan Pak Wali," tulis @Reni***.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, polisi memburu pedagang ternak yang diduga menipu sejumlah masjid dan musala di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar). Pengejaran dilakukan setelah Polsek Bukittinggi menerima laporan dari pengurus musala Baitul Jannah di Kelurahan Campago Ipuh, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan.

"Kasus penipuan pengadaan sapi kurban ini dilakukan oleh pelaku berinisial AD (36), warga Kelurahan Puhun Pintu Kabun Kota Bukittinggi, korbannya beberapa masjid dan musala," kata Kapolsek Kota Bukittinggi Kompol Rita Suryanti, Senin (11/7/2022).

Dari laporan yang diterima, pengurus musala Baitul Jannah memesan lima ekor sapi dan satu ekor kambing melalui AD, dengan kesepakatan hewan kurban didatangkan pada hari Minggu (10/7/2022).

"Sampai hari yang dijanjikan hewan kurban tidak datang, sementara kupon untuk warga sudah disebar hingga 300-an," katanya.

Menurutnya, setelah laporan diterima, personel langsung diterjunkan untuk memburu AD.

"Saat ini tim sudah mengendus keberadaan AD, semoga kasus ini lekas terungkap," kata Rita. Antr







0 Comments