RPH Lubuk Buaya, Khusus Tempat Pemotongan Babi

RPH Lubuk Buaya


PADANG- Tempat Rumah Potongan Hewan (RPH) Lubuk Buaya, Kecamatan Koto Tangah akan dijadikan sebagai tempat pemotongan babi. Rencana tersebut ditetapkan Dinas Pertanian Kota Padang.


“RPH Air Pacah sudah siap sejak tiga tahu terakhir untuk pemotongan sapi, sedangkan RPH Lubuk Buaya untuk pemotongan babi,” Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Syahrial, Kamis (7/10).


Dijelaskannya, RPH sapi dulu berdekatan satu sama lain, namun sekarang dipisahkan di kawasan berbeda. RPH Lubuk Buaya sejak awal berdiri sampai sekarang belum ada direhab.


“Sekarang kita rehab supaya bisa lebih bersih. Kita juga membuat kandang tertutup agar tidak ada keresahan masyarakat di sana dan dagingnya akan dijual di Pasar Tanah Kongsi untuk dikonsumsi oleh warga nonmuslim,” jelasnya.


Menurut Syahrial, setiap harinya ada sekitar 2-3 ekor babi yang dipotong di RPH Lubuk Buaya.


Babi-babi tersebut didatangkan dari Sumatera Utara, tepatnya Tanah Karo dan Simalungun. Jadi ada agen khusus yang membawa babi dari Tanah Karo dan Simalungun, Sumut.


Kemudian, sebelum dipotong, babi tersebut diperiksa kesehatannya oleh dokter hewan, apakah layak dipotong atau tidak.


Setelah itu, daging babi dibawa ke Pasar Tanah Kongsi dengan dikawal untuk mencegah terjadinya penyelewengan dalam pendistribusian nantinya. (AC)

0 Comments