Tambah 14, Total Positif Covid-19 di Sumbar Dekati 1000 Kasus


PADANG-Pagi jelang siang positif Covid-19 di Sumbar bertambah. Info Sementara Covid-19 Sumbar Selasa, 4 Agustus 2020, pukul 05.00 WIB dari 687 spesimen (655 Lab Fak Kedokteran Unand dan 32 Lab veteriner Baso Agam), terkonfirmasi pertambahan positif terinfeksi covid-19 sebanyak 14 orang.

Total kasus sekarang menjadi 988 kasus. Sedangkan pasien sembuh, angka sementara dilaporkan bertambah 3 orang dengan total 773 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Penangana Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal dalam pers rilisnya mengatakan dari pemeriksaan sample di Kota Padang terdapat 9 orang positif. Kemudian pemeriksaan sample di Baso terdapat 5 orang positif.

"Namun berdasarkan data yang ada, kami masih tracking dan tracing serta berkomunikasi dengan beberapa rumah sakit pengirim sample, untuk memastikan dari daerah mana pertambahan positif tersebut. Karena ada yang berasal dari Bengkulu, Lampung dan kiriman sample Padang Sidimpuan," terang Jasman.

Disebutkan Jasman, saat ini banyak orang yang baru pulang dari luar Sumbar. Mereka, terkhusus dari daerah zona merah diimbau swab test. Bagi mereka yang datang menggunakan transportasi udara bisa swab test di BIM secara gratis.

"Khusus untuk aparatur negara, pemerintahan, BUMN, BUMD, tanpa kecuali, diwajibkan lakukan PCR Test di BIM jika memasuki Sumbar.

Disamping itu, pemerintah provinsi juga tak bosan-bosannya meminta kepada masyarakat agar disiplin menjalani protokol kesehatan untuk mengatasi perkembangan Covid-19. Pakai masker, hindari kerumunan, sering cuci tangan, pulang ke rumah dari manapun ganti pakaian dan langsung mandi.

Jasman juga mengingatkan masyarakat untuk menghindari membeli makanan yang terbuka. Ingatkan pelayan makanan untuk tetap pakai masker dan dilarang keras pelayan makanan bicara di depan makanan, walaupun pakai masker.

"Sementara ntuk keterangan lebih rinci dan jika ada perkembangan perobahan data, nanti sore kami sampaikan secara remi di website https://www.sumbarprov.go.id/," tutup Jasman. YL