Gubernur Sumbar: Ibu, Perhatikan Anak-Anakmu, Jaga Keharmonisan Keluarga, dan Persiapkan Generasi Emas Indonesia

Suasana pengobatan gratis yang diselenggarakan P3Ap2KB Sumbar, dalam rangka peringatan Hari Ibu  tahun 2023. Ist

PADANG- Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah meresmikan kegiatan cek kesehatan gratis yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Sumbar berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar.

Kegiatan yang berlangsung di halaman Kantor P3AP2KB Sumbar ini, merupakan bentuk perayaan hari ibu yang ke-95.

Dalam kesempatan tersebut, Mahyeldi menyampaikan, peringatan hari ibu ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya ibu, dalam menjaga kesehatan dan keharmonisan keluarga.

"Peringatan hari ibu ini tidak hanya sekadar seremonial, tetapi harus menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran kita dalam menjaga kesehatan dan keharmonisan keluarga," kata Mahyeldi.

Lebih lanjut, Mahyeldi meminta ibu untuk memperhatikan anak-anaknya dengan baik. Hal ini bertujuan agar menciptakan anak yang sholeha dan terhindar dari tindakan-tindakan yang dapat merugikan diri sendiri dan lingkungan sosialnya.

"Ibu harus kontrol penuh anak dan awasi anak. Pengawasan merupakan kata kunci yang harus diterapkan. Keluarga adalah surga, maka, hadirkanlah surga di dalam rumah tangga," tegasnya.

Selain itu, Mahyeldi juga meminta ibu untuk memberikan makanan dan minuman yang halal bagi keluarga.

"Bagaimanapun, jika kita memberikan makanan dan minuman yang halal terhadap keluarga, maka akan menciptakan keluarga yang harmonis. Selain itu, memberikan makanan yang mahal belum tentu menyehatkan bagi anak," tambahnya.

Gubernur Sumbar juga berpesan agar setiap keluarga menjaga keutuhan rumah tangganya.

"Komunikasi suami istri harus intens walau disibukkan dengan aktivitas harian. Bagaimanapun komunikasi tidak boleh timpang," jelasnya.

Mahyeldi berharap, dengan peringatan hari ibu ini, dapat menghadirkan generasi yang hebat saat Indonesia menuju Indonesia emas di tahun 2045 yang akan datang.

"Indonesia emas akan Indonesia sebagai negara no 4 besar di dunia. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan anak-anak kita sedari dini untuk menuju Indonesia Emas," tutupnya.

Kepala Dinas P3AP2KB Sumbar: Cek Kesehatan Gratis untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Kepala Dinas P3AP2KB Sumbar Dra. Hj. Gemala Ranti, M.Si dalam kesempatan tersebut menjelaskan, cek kesehatan gratis ini merupakan puncak peringatan hari ibu yang dilaksanakan oleh Dinas P3AP2KB Sumbar.

"Cek kesehatan gratis kepada masyarakat ini kita hadirkan untuk memberikan kesempatan kepada warga kota dalam memperingati hari ibu," paparnya.

Gemala Ranti menambahkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Dengan mengetahui kondisi kesehatannya, masyarakat dapat melakukan upaya pencegahan dan pengobatan dini," jelasnya.

Selain cek kesehatan gratis, Dinas P3AP2KB Sumbar juga telah melaksanakan kegiatan zoom meeting untuk meningkatkan SDM perempuan, serta penguatan diri dan kapasitas dalam mengelola rumah tangga.

"Kita sebelumnya telah melakukan kegiatan zoom meeting untuk meningkatkan SDM perempuan, serta penguatan diri dalam mengelola rumah tangga," tutupnya. SL

0 Comments