Tak Hanya Lahirkan Tenaga Kerja Industri Kompeten, SMAK Padang Terus Ukir Prestasi Sepanjang 2022

Monday, 2 January 2023 : 11:10
Kepala SMK SMAK Padang Drs Nasir, beserta Kasubbang TU,Mila Handrefa, Kepala Bidang Sistem Manajemen Mutu Anis Nurafifah,  menerima Penghargaan SNI AWARD 2022.

PADANG-Di awal tahun (3 - 7 Januari 2022) demi bekali siswanya tentang pergaulan remaja di era digital, SMAKPA panggil Dosen Psikologi yang mumpuni di bidangnya untuk berbagi pengetahuan kepada 1010 siswanya.

Dalam kegiatan bertempat di Gedung Serbaguna SMAKPA, sekolah menghadirkan narasumber Dr.dr.Arina Widya Murni, SpPD-KPSI FINASIM dari Fakultas Kedokteran Unand, yang juga menjabat Kepala Sub Bagian Piskosomatik Bagian Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Unand, serta Direktur Pelayanan Medik Keperawatan RS Unand. 

Memasuki Februari, tepatnya pada Senin (7 Februari) demi menyelaraskan persepsi dalam rangka pencapaian visi dan misi sekolah, seluruh tenaga pendidik dan kependidikan SMAKPA sebanyak 130 orang mengikuti rapat kerja awal tahun 2022.

Kepala SMAKPA, Nasir, mengatakan raker dilaksanakan untuk peningkatan kinerja sekolah ke depan. Dalam kesempatan itu juga, Kepala Sub Bagian Tata Usaha SMAKPA, Mila Handrefa, memaparkan capain kinerja, prestasi dan evaluasi kinerja pegawai selama 2021 dan rencana kinerja tahun 2022.

Selanjutnya dalam rangka mendapatkan input peserta didik unggulan, SMAKPA mulai membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada bulan Februari. PPDB tahun ini merupakan tahun ketujuh yang dilakukan dengan cara daring, mulai dari pendaftaran hingga tes. PPDB tahun ini dilakukan melalui 3 jalur penerimaan yang disebut dengan Jarvis (Jalur Penerimaan Vokasi Industri) yaitu Jarvis Prestasi, Jarvis Mandiri dan Jarvis Bersama. Untuk Jarvis Bersama diluncurkan langsung oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita.

Pada 27 April 2022, untuk mengembangkan profesi Gurunya, SMAKPA menggelar kegiatan Seminar Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Guru Kimia. Seminar diikuti seluruh guru mata pelajaran kimia dari SMAKPA dan diikuti juga oleh tenaga pengajar dari beberapa SMA dan SMK di Kota Padang. Kegiatan itu bertempat di gedung A SMAKPA. 

Esoknya, 28 April, SMAKPA berhasil mencatatkan diri sebagai satuan kerja dengan nilai Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tertinggi tingkat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI), Kementerian Perindustrian dari total 28 satuan kerja. SMAKPA sangat berbangga dengan prestasi ini mengingat merupakan tahun ketiga SMAKPA meraih nilai tertinggi.

Pada 6 - 22 Juni, selain melaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS) Tahun Pelajaran 2021 - 2022, dilaksanakan juga Ujian Kompetensi (UKOM) bagi siswa yang telah memenuhi persyaratan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi P-1 (LSP P-1) SMK SMAK Padang. UKOM diikuti  siswa kelas X, XI serta kelas XII. UKOM ini dilaksanakan di Laboratorium Tempat Uji Kompetensi (TUK) SMK SMAK Padang. Setiap siswa yang dinyatakan KOMPETEN setelah mengikuti UKOM pada klaster- klaster UKOM, berhak mendapatkan SKILL PASPORT. Hal ini tentu akan meningkatkan daya saing siswa nantinya untuk masuk ke dunia industri. 

Setelah beberapa tahun mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik atau yang dikenal dengan SINOVIK, kompetisi inovasi yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN dan RB, akhirnya pada 2 Juni, SMAKPA berhasil masuk ke Jajaran TOP 99 INOVASI Tahun 2022. Pada SINOVIK tahun ini, SMAKPA mengusung tema POC DARSA RUPAWAN, singkatan dari Pupuk Organik Cair dari Rumah Potong Hewan, yang merupakan hasil inovasi Siswa dan Guru Pembimbing SMAKPA yg juga sudah dipatenkan. 

Prestasi ini tentunya sangat membanggakan bagi SMAKPA, karena untuk masuk ke Top Inovasi 99, SMAKPA harus mengalahkan 3649 peserta lainnya.

Berhasilnya SMAKPA masuk Top 99 Inovasi Tahun 2022 juga mendorong BPSDMI Kemenperin, untuk memberikan penghargaan kepada SMAKPA. Penghargaan ini diserahkan oleh Kepala BPSDMI, Arus Gunawan, bersama Sekretaris Jenderal Kemenperin, Dody Widodo pada 1 Agustus bertempat di Hotel Pulmann Bandung. 

Sertifikat penghargaan Top 99 Inovasi SINOVIK Tahun 2022 dari Kementerian PAN dan RB sendiri diserahkan pada tanggal 6 Desember. 

Selanjutnya di bulan Juli, tepatnya mulai Senin, 4 Juli, SMAKPA menggelar Pelatihan Achievement Motivation Training (AMT). Pelatihan yang dilaksanakan selama 5 hari ini, diikuti oleh sebanyak 262 siswa kelas XII yang akan memasuki tahun terakhir yaitu kelas XIII dan dilatih oleh sebanyak 16 Instruktur berpengalaman. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan motivasi berprestasi bagi siswa serta agar siswa dapat menentukan tujuan mereka ke depannya.

Pada 2022 ini juga SMAKPA mempertahankan sertifikat Manajemen Mutu ISO 9001: 2015, Manajemen Lingkungan ISO 14001: 2015, dan Akreditasi Laboratorium ISO 17025: 2017 melalui Audit Eksternal dari KAN untuk ISO 17025: 2017 pada 25 Juli serta dari SAI Global untuk ISO 9001: 2015 dan ISO 14001: 2015 pada 10 - 12 Agustus. Dengan pencapaian ini, membuktikan SMAKPA tetap konsisten mempertahankan mutu pada manejemennya, lingkungannya, dan laboratoriumnya. 

Adapun tidak afdal rasanya jika kelulusan tidak dilakukan secara seremonial. Meskipun telah lulus sejak Mei, akhirnya pada 12 Oktober, sebanyak 244 orang lulusan dilantik oleh Kepala BPSDMI. Pada momen itu juga dilaksanakan pengambilan sumpah analis. Acara digelar di UPI Exhibition Hall, Rabu (12 Oktober) yang disaksikan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat dan yang mewakili Walikota Padang Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Dr. Edi Hasymi serta jajaran pejabat BPSDMI Kemenperin. 

Kepala BPSDMI Kemenperin, Arus Gunawan menyebut SMK SMAK Padang sebagai salah satu unit pendidikan vokasi terbaik. Lulusannya memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha/ dunia industri. 

Dari sebanyak 244 lulusan, 67 orang sudah bekerja, 69 orang melanjutkan studi dan sisanya dalam proses rekruitmen. Ada satu orang yang memilih berwirausaha. Sehingga saat ini sekolah menengah analis kimia satu-satunya di Sumatera ini sudah melahirkan 6.171 lulusannya.

Selanjutnya, mulai tanggal 3 Oktober, untuk memberikan pengetahuan langsung dari praktisi industri terhadap siswa, SMAKPA mengundang Guru Tamu dari Industri atau disebut Silver Ekspert. Diharapkan apa yang diajarkan oleh Silver Ekspert dapat memberikan pemahaman mendalam materi industri bagi siswa.

Untuk menunjukkan keseriusannya mencetak SDM Industri kompeten, pada 16 - 18 November, SMAKPA mengadakan Temu Industri dengan sebanyak 30 pimpinan perusahaan industri, yang bertujuan menverifikasi kurikulum bersama industri sehingga didapat kurikulum sesuai kebutuhan industri. Selain itu, Temu Industri ini digagas untuk memperbanyak MoU untuk penempatan siswa praktek kerja industri, rekrutmen lulusan dan bidang-bidang yang disepakati bersama. Hasilnya 14 perusahaan menandatangani MoU dengan SMAKPA pada acara tersebut. 14 MoU ini menambah daftar panjang perusahaan industri yang telah bekerja sama dengan SMAKPA, sehingga diharapkan siswa dapat melaksanakan prakerin di berbagai perusahaan industri serta dapat direkrut etika lulus.

Lagi, pada akhir November, SMAKPA menggenapi prestasinya dengan meraih SNI AWARD Tahun 2022 KEEMPAT KALINYA. Penghargaan itu diterima dalam ajang “17th National Quality Award of Indonesia” yang digelar di Auditorium Soemitro Djojohadikoesoemo, Gedung B.J. Habibie Jakarta, Rabu (30/11/ 2022). 

Dengan diraihnya penghargaan yang dihelat oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) ini, SMAKPA membuktikan diri konsisten dalam menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Kemudian, untuk melengkapi hardskill para siswa, SMAKPA juga memberikan softskill. Pada 21 - 23 Desember, SMAKPA menggelar Kemah Bakti Siswa (KBS) yang diikuti siswa kelas X dan XI. KBS bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian dan empati kepada sesama. Diharapkan melalui kegiatan ini, juga dapat meningkatkan kemandirian, serta seluruh siswa dapat bersosialisasi dengan baik.

Sepanjang 2022, SMAKPA juga menerima Kunjungan Kerja dari beberapa lembaga dan instansi dalam rangka studi tiru seperti tentang Zona Integritas, Laboratorium, dan LSP. Diantaranya, SMK SMTI Pontianak, SMK SMTI Makassar, Balai Diklat Industri Denpasar, Politeknik ST3 Bandung, Balai Diklat Industri Padang, SMK SMTI Bandar Lampung, SMK SMTI Banda Aceh, SMP 5 Kubung Solok, dan lain sebagainya. Hal ini tentu menunjukkan bahwa SMAKPA telah menjadi role model baik bagi sekolah maupun instansi lainnya.

Berbagai prestasi dan kegiatan penyiapan siswa agar dapat menjadi SDM Industri kompeten membuktikan komitmen  SMK SMAK Padang dalam mempertahankan kinerja unggul dan berdaya saing.

Silahkan Dibagikan
Sebelumnya
Berikutnya

0 comments :

Copyright © 2022 Kita Punya - KitaPunya.id - All Rights Reserved
Teruslah Kunjungi Portal Berita Kita Punya